Kebidanan

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Agustus 2013 , oleh angga

Audit Internal Mutu (AIM) merupakan kegiatan spesifik yang dilakukan secara sistematis, berkelanjutan dan independen. Kegiatan ini bermaksud untuk menakar sejauh mana implementasi terhadap standar mutu yang telah ditetapkan telah dilaksanakan oleh auditee. Lebih jauh, dengan AIM dapat dianalisis kesesuaian antara dokumen-dokumen mutu terhadap penerapannya dalam sistem akademik, keuangan, sarana-prasarana dan administrasi lainnya.

Hasil dari pelaksanaan AIM di masing-masing Program Studi, Laboratorium atau Unit Kerja adalah Borang Daftar Temuan yang berisi Ketidak sesuaian (KTS) dan Observasi /Saran (OBS). Tindak lanjut dari Borang daftar temuan dari masing-masing unit ini dilaporkan ke Fakultas melalui GJM FKUB. Selanjutnya, Tim GJM akan menganalisis daftar temuan tersebut dan dilaporkan ke Pimpinan untuk ditindaklanjuti. Proses ini merupakan bagian dari tinjauan manajemen yang dilakukan FKUB setiap tahun.

Evaluasi terhadap analisis borang daftar temuan ini akan menjadi salah satu dasar dalam menentukan garis kebijakan Pimpinan untuk mengarahkan dan menindaklanjuti poin-poin hasil temuan. Beberapa tindaklanjut yang dilakukan adalah memperbaiki, melengkapi, menyelesaikan, membuat dokumen dan menyediakan data dukungnya.

Tindak Lanjut Hasil Audit pada PS S1 Kebidanan:

1. Pemetaan ulang tupoksi UJM dan bagian kurikulum, kemudian dilakukan sosialisasi

2. Menunggu keluar ijin operasional Profesi Bidan untuk menerbitkan ijasah, trnskrip dan draft SKPI

3. Menunggu keluar ijin operasional Profesi Bidan untuk menerbitkan ijasah, trnskrip dan draft SKPI

4. Memperbaiki sistem pendokumentasian yang sistematis berdasarkan mekanisme yang berlaku di FKUB

5. Melakukan koordinasi dengan tenaga administrasi untuk evaluasi ulang konten web renstra dan proker

6. Melakukan koordinasi dengan tenaga administrasi untuk evaluasi ulang konten web tentang Manual prosedur

7. Melakukan koordinasi dengan tenaga administrasi untuk mengupload data terkait lulusan serta profile lulusan

8. Melakukan koordinasi dengan tenaga administrasi untuk mengupload data laboratorium dengan lebih lengkap

9. Memaksimalkan kinerja SDM yang ada dengan meningkatkan kompetensi serta monitoring terkait pencapaian program kerja bidang penelitian, sehingga penelitian dosen dapat ditingkatkan

10. Menentukan indicator yang terukur dan jelas untuk memonitoring upaya peningkatan kerjasama terutama untuk kerjasama luar negeri

11. Memaksimalkan kinerja SDM yang ada dengan meningkatkan kompetensi serta monitoring terkait pencapaian program kerja bidang penelitian, sehingga publikasi dosen dapat ditingkatkan

12. Akan segera di bentuk organisasi alumni

13. Melakukan koordinasi dengan tenaga administrasi untuk evaluasi ulang konten web terkait system dokumen mutu

14. Melakukan koordinasi dengan tenaga administrasi untuk evaluasi ulang konten web terkait hasil audit sebelumnya

15. Melakukan koordinasi dengan tenaga administrasi untuk evaluasi ulang konten web terkait hasil audit sebelumnya

16. Melakukan koordinasi dengan tenaga administrasi untuk evaluasi ulang konten web terkait janji layanan